admin February 21, 2018

Mengapa masih banyak orang yang menderita serangan jantung tiba-tiba, namun masih banyak orang di dunia yang meninggal karena penyakit jantung sekitar 17,7 juta dan 80 persen akibat serangan jantung mendadak mungkin kelalaian kita menjag kesehatan. Serangan jantung sering terjadi tiba-tiba dan bisa datang kapan saja, bahkan di pagi hari. Sebenarnya bahkan kebanyakan orang mengalami serangan jantung di pagi hari.

Apa yang membuat serangan jantung lebih umum di pagi hari? Serangan jantung biasanya terjadi ketika salah satu pembuluh darah tersumbat, bisa jadi karena terlalu banyak lemak. Hal ini membuat aliran darah tidak lancar ke jantung, sehingga jantung kekurangan oksigen dan makanan.

Dengan demikian, jaringan di sekitar otot jantung rusak dan mati, sampai tidak bisa memompa darah lagi. Kondisi ini memang bisa terjadi kapan saja, namun para ahli mengatakan bahwa serangan jantung lebih sering terjadi di pagi hari. Ini sudah terbukti dalam beberapa penelitian, salah satunya melibatkan sebanyak 12 ribu lebih kasus penyakit jantung. Dari penelitian ini, diketahui bahwa serangan jantung lebih sering terjadi, bahkan lebih disebutnya yang lebih berbahaya, jika terjadi di pagi hari.

Ahli menyatakan bahwa hal itu terkait dengan jam biologis tubuh. Di pagi hari, tubuh secara otomatis akan mempersiapkan semua organ untuk kembali bekerja normal. Padahal organ terdahulu bekerja lambat, karena pada malam hari kita beristirahat. Pepatah, setiap pagi tubuh akan melakukan “pemanasan” pada setiap organ, termasuk jantung dan pembuluh darah. Permintaan darah dan makanan meningkat dalam tubuh, sehingga jantung harus memompa darah lebih cepat. Selain itu, pembuluh darah cenderung menyempit di pagi hari.

Hal ini membuat jantung lebih sulit bekerja. Jika terjadi penyumbatan di salah satu pembuluh darah, maka serangan jantung tidak bisa dihindari. Saat itu, seseorang akan mengalami berbagai gejala serangan jantung. Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami serangan jantung di pagi hari? Sebenarnya sebelum serangan jantung terjadi, ada tanda-tanda awal yang bisa Anda waspadai, seperti: Tiba-tiba lebih sulit bernafas Merasa dada tidak nyaman dan berdebar Merasa sakit dan ketidaknyamanan pada lengan dan leher Keringat dingin Merasa mual Tiba-tiba kepala terasa ringan atau kliyengan Terkadang, gejala awal serangan jantung pria dan wanita juga bervariasi. Kebanyakan pria mungkin hanya mengalami ketidaknyamanan dan depresi di dada. Namun, wanita yang akan mengalami serangan jantung, cenderung mengalami lebih sesak napas, mual, dan muntah. Gejala ini kadang-kadang mengecoh wanita karena hampir mirip dengan gejala ketika datang ke bulan atau sindrom pramenstruasi (PMS). Namun, tidak peduli apa gejalanya, jangan menunda menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*