Orang Terlahir Kidal? Berikut Alasan Dan Penyebabnya

Tidak sedikit orang yang terlahir kidal, mungkil salah satu orang kidal bisa jadi teman atau saudara Anda. Tahukah anda penyebab dan alasannya mengapa orang terlahir kidal? Orang kidal merupakan orang yang melakukan berbagai aktifitas dengan menggunakan tangan krir, berbeda dengan orang kebanyakan yang menggunakan tangan kanan. Ada beberafa faktor orang terlahir kidal untuk mengetahuinya anada bisa mebaca ulasan artikel dibawah ini

Sepuluh persen dari total 7,6 miliar manusia di dunia adalah orang kidal. Orang kidal tidak hanya menggunakan tangan kiri mereka untuk menulis, makan, menyisir rambut, sampai mengupil, namun juga mengunyah di sisi kiri mulut dan melangkah lebih dulu dengan kaki kiri. Apa sih, yang menyebabkan orang kidal?

Bayi sudah bisa menggerakkan tangannya sejak dalam kandungan kecenderungan untuk lebih memakai salah satu sisi tangan sudah terbentuk sejak dalam kandungan — tepatnya di minggu ke-8 kehamilan. Sementara itu, kebiasaan mengemut jempol dengan salah satu sisi tang, an muncul di minggu ke-13 berdasarkan pemeriksaan lewat USG.

Sebuah tim peneliti gabungan dari Belanda, Inggris, dan Cina menemukan bahwa penyebab seseorang bisa menjadi kidal berasal dari saraf di sumsum tulang belakang. Temuan ini membantah teori-teori lama yang menyebut bahwa otak adalah menjadi penentu utamanya.

Ilustrasi kidal, Popular

Awalnya, banyak peneliti yang mengira korteks motorik otaklah yang mengirimkan sinyal ke sumsum tulang belakang untuk menggerakkan tangan dan kaki. Namun penelitian tersebut melaporkan bahwa korteks motorik bahkan belum terhubung ke sumsum tulang belakang di usia kehamilan 8 minggu. Padahal, bayi sudah bisa menggerakkan tangan ke arah yang lebih disukainya di usia tersebut. Dengan kata lain, bayi sudah bisa memulai gerakan dan memilih tangan favoritnya sebelum otak mulai mengendalikan gerak tubuhnya.

Para peneliti dari Ruhr University Bochum, Jerman, mengamati rangkaian DNA di sumsum tulang belakang bayi pada minggu ke-8 hingga ke-12 kehamilan. Mereka menemukan bahwa rangkaian DNA dalam segmen saraf yang mengendalikan gerak kaki dan tangan di kanan dan kiri sumsum tulang cukup berbeda jauh.

“Ini bukan hal yang mustahil karena banyak serabut saraf menyeberang dari satu sisi ke sisi lain di batas antara otak belakang dan sumsum tulang belakang,” jelas Carolien de Kovel, penulis utama studi dan peneliti di Max Plank Institute for Psycholinguistics. Peneliti menyimpulkan bahwa perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh lingkungan, yang nantinya akan berpengaruh pada tumbuh kembang bayi.

Sederhananya, perkembangan tangan kidal sudah terjadi semenjak dalam kandungan. Faktor genetik dan paparan lingkungan selama kehamilan sama-sama berperan menjadikan seseorang bertangan kiri, tutup de Kovel.

Itulah bebrpa alasan dan penyebab mengapa orang terlahir kidal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *