admin August 11, 2018

Apakah bisa menurunkan berat badan hingga 21 KG? Tidak ada yang tidak mungkin selama kita berusaha dan berdoa, hal itu lah yang sering di bilang orang tua kepada anaknya ketika akan melakukan sesuatu yang tidak bisa ia lakukan, hal itu pun sama dengan mengecilkan perut. Anda juga bisa menurnkan berat badan, bahkan bisa lebih dari 21 Kg.Wanita itu juga disebut perempuan dan salah satu hal yang sangat dijaga oleh perempuan adalah soal berat badan. What??? Ya tentang BERAT BADAN alias BEBE. Banyak jalan yang ditempuh untuk hal yang satu ini. Dan berat badan juga menjadi trending topic bagi mereka mereka yang “nggak” nyaman dengan lemak yang ada di tubuhnya.

Soo, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya kepada antum (laki-laki atau wanita) yang memiliki masalah dengan berat badan. Ingat loh ini adalah pengalaman yang nyata saya alami. Nggak percaya?
BB 89 kg jadi 68 kg.
Loh kok bisa?
Ya bisa dong. Wong saya udah buktiin kok. Para lemak yang berada ditubuh saya sudah saya keluarkan sebanyak 21 kg. tentunya dengan proses yang sangat panjang dan superr penuh kesabaran dan Allah mengizinkan.

Sedikit tips untuk
antum yang ingin mengikuti jejak saya (ciee ciee)
1. NIAT/FOKUS. Apapun yang kita lakukan, semuanya berawal dari niat. Fokuskan niat anda untuk melakukan diet. Diet yang dimaksud disini adalah menjaga pola makan dan jenis makanan yang akan masuk ke perut kita. Sejak SD saya sudah memiliki bb yang di atas ideal. Berbagai tips diet udah saya lakukan tapi hasilnya tetap aja enol. Kenapa? Karena saya tidak sepenuhnya berkomitmen. Tapi pertengahan 2014 lalu saya fokuskan niat saya untuk menurunkan berat badan. intinya adalah NIAT, FOKUS, DAN KOMITMEN. Nnggak usah ikut ikut kata kawan. Ikut kata hati aja. Niatkan karena Allah. Untuk kesehatan juga kan. Terlalu gemuk bahaya loh.

2. LAKUKAN. Jika niat aja trus nggak melakukan usaha, itu mah sama aja bohong mbak. Langkah yang kedua adalah browsing di internet tentang “tips diet sehat”. Kalo alasannya nggak bisa browsing, itu saya tidak akan percaya. Anak kelas 3 SD aja sekarang mah udah pada punya Fesbuk. Masa fesbuk an bisa, google an nggak bisa sihh para jeng jeng yang mau kuruss?? Apa yang nggak bisa dikasih tau oleh paman google. Asal kita telaten dan serius, semua hal yang inginkan pasti akan kita dapatkan. Tentunya dengan izin ALLAH dong ya. tips menurunkan berat badan

3. JANGAN NYERAH SEBELUM NYOBA. Nah setelah dapat tips yang kira-kira pas untuk di coba. Silahkan dicoba. Jangan takut gagal deh, nyoba aja belum kok udah gagal duluan. Pengalaman pribadi saya ketika saya dulu disuruh diet sama ibu saya. Sepulang sekolah jam 2 siang saya harus lari lari keliling halaman rumah dengan memakai jaket di terik matahari. Tujuannya kan biar keluar keringat. Memang sih keringat keluar, tapi setelah itu saya balas dendam dengan makan nasi dan makanan lain. Sia sia dong lari lari di terik matahari. Yap memang sia sia. Karena saya akhirnya nggak mau lagi lari gituan sebab nggak ada hasil. Hal yang seperti ini jangan sekalipun dicontoh. Intinya, coba dulu tips yang kira kira cocok. Kalo memang pas, ya lanjutkan aja. Kalo nggak pas ya cari tips lain. Toh paman google selalu setia sama kita.

4. SALAH SATU TIPS. Tips diet yang saya coba ketika akhir bulan Juni lalu adalah:
– Pagi makan buah/roti. Bisa buah apel, pisang atau papaya. Saya makan 1 apel atau kadang saya ganti dengan 1 pisang ayam. Dan setelah itu minum air HANGAT sebanyak 1 gelas. Ingat ya AIR HANGAT.
– Roti adalah pilihan terakhir jika buah tidak ada. Jangn juga roti keju atau yang banyak coklat2nya. Roti tawar saja sudah cukup kok.
– Siang hari saya tetap makan nasi. Tapi tidak lebih dari 6 suap takaran sendok makan. Nggak boleh lebih dari 6 sendok makan. Dengan lauk yang kurang lemak. Dan minum air hangat kembali.
– Sorenya saya makan buah kembali. Kadang apel, papaya. Kadang juga kentang kalo memang saya laper banget. Yang jelas jangan makan nasi di sore hari.
– Jam 8 lewat saya nggak makan apa apa lagi kecuali minum air hangat.
– Saya mulai rajin olah raga. Tapi tidak di halaman rumah melainkan didalam kamar dengan lari lari di tempat. Lumayan keluarin keringat, pemirsah..
– Begitu seterusnya sampai bulan ramadhan pun tiba.

5. KONSUMSI AIR HANGAT. Percaya atau tidak, air hangat sangat berpengaruh terhadap berat badan kita. Hindari minuman dingin ketika anda mulai komitmen menurunkan berat badan. Memang awal awal terasa berat. Tapi ingatlah poin nomor 1 bahwa anda harus komitmen.

6. TIPS DIET KETIKA PUASA. Bulan ramadhan saya kembali browsing tentang tips diet sehat ketika bulan ramdhan. Dan saya mendapatkannya kemudian langsung saya praktikkan ketika ramadhan pertama. Ini tipsnya:
– Makan sahur dengan roti atau kentang/ketela/singkong. Jangan makan nasi. Nggak bahaya kok. Kan kentang dkk juga bikin perut kenyang dan bertenaga. Kemudian minum air hangat sebanyak yang sanggup kita minum.
– Buka puasa dengan sedikit nasi. Ingat loh jangan lebih dari 6 sendok makan. Lauknya cukup sayur bening tawar aja. Itu saya lakukan selama minggu pertama puasa.
– Minggu kedua saya mulai jarang mengkonsumsi nasi. Sahur hanya dengan 1 telur rebus (nggak pake garam) dan buka puasa hanya dengan sayur rebus (wortel, kangkung, kentang) yang direbus tanpa garam juga. Minum pun sudah mulai saya kurangi kadar manisnya.
– Kalo bisa sih hindari makan daging. Boleh, tapi jangan banyak. Dan minum air hangat selalu. Sampai lebaran tiba berat badan saya dari 89 kg menjadi 81 kg. waw banget nggak sampe 2 bulan turun segitu.

7. JAGA TERUS POLA MAKAN SEHAT. Niat dan komitmen saya membuahkan hasil. Tetapi saya tidak berhenti sampai di 82 kg. lebaran ke 4 saya timbang bb saya udah naik 84 kg dan itu bikin saya kalang kabut karena ternyata saya kurang memperhatikan pola makan saya ketika masa masa lebaran. Saya melanjutkan diet sehat saya. Kembali ke tips pertama sebelum puasa. Dan saya rajin browsing tentang tips diet lain. Bukan karena saya tidak cocok dengan satu cara, tapi lebih kepada supaya tidak bosan saja sih. Hingga akhirnya saya menemukan tips baru. Begini kira kira tipsnya:
– seharian makan sup diet. Apa sih komposisi sup diet?? Komposisinya adalah tomat, kembang kol, dan bawang merah. Ketiga itu kita rebus tanpa memakai garam atau penyedap. Sodara-sodara tau nggak sih kalau sebanyak apapun kita makan kembang kol kita nggak bakalan gemuk. Malah pup kita makin lancar.
– Kalo bosan direbus (Karena rasanya nggak enak), saya kadang rebus kembang kol saja dengan air sedikit, seperti di tumis gitu. Tapi nggak pakai garam. Lama kelamaan saya jadi terbiasa makan kembang kol tanpa dimasak. Enak sendiri deh jadinya.
– Kalo untuk makan malam saya keseringan makan apel. Itu loh apel yang dulu 10ribu dapat 3 buah (sekarang 2 buah karena BBM naik). Murmer kann???
– Sampai lebaran haji tiba BB saya udah 75 kg.

8. SELALU WAS-WAS DIMANAPUN BERADA. Yup, pertengahan oktober 2014 punya kesempatan ikut pelatihan di berastagi Medan. Makan pagi siang malam plus snakc enak enak. Karena mikirnya takut sakit di negeri orang, selama disana saya makan nasi walaupun dalam porsi sedikit. Was was juga. Takutnya pulang dari sana BB malah naik. Apalagi susah BAB. Tapi Alhamdulilah karena saya tetap telaten menjaga porsi makan, pulang dari sana BB masih 75kg. meskipun nggak turun yah setidaknya nggak naik haha. Oke back to diet again.

9. SENAM ZUMBA. Liat Okki Lukman udah kurusan, jadi penasara apa tips nya. Browsing lagi deh di internet. Eh ternyata doi senam. Yak SENAM ZUMBA. Gampang kok senamnya. Donlod aja di internet senam zumba yang cocok untuk dicoba. Untuk yang pemula jangan berat-berat dulu. Yang ringan aja dulu deh. Kalo udah berjalan sebulan, bisa tuh donlod yang agak berat. Intinya sesuaikan dengan kesangguapan kamu deh. Oke ? sip?? Nggak tau cara donlod? Tanya om google aja.

10. TERUS SEMANGAT. Semangat dan keyakinan kadang bisa ngalahin segalanya. Memasuki 2015, ane udah 70 kg. Alhamdulillah binggo. Meskipun udah turun 19 kilo tetap semangat untuk terus menjadi pribadi yang lebih sehat. Jaga pola makan, kurangi makan nasi putih (gantikan dengan nasi merah) dan olahraga yang benar. Pasti berat badan ideal akan kita dapatkan.

11. JANGAN SALAH TUJUAN. Apa sih sebenarnya tujuan saya diet? Kok tiba-tiba serius diet? Siapa yang suruh? Dipaksa? Haha banyak sekali pertanyan yang bernada seperti itu. Setiap orang mendambakan hidup sehat dengan tubuh selalu fit. Berat badan yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu saya focus menurunkan berat badan.

Sampai tulisan ini saya posting di blog pribadi saya, berat badan saya adalah 68 kg. meskipun udah 21 kg lemak pergi dari tubuh saya, saya masih semangat untuk menurunkan 12 sampai 15 kg lagi.
Ini dulu deh curhatan saya. Semoga menjadi inspirasi untuk antum yang ingin meperbaiki berat badan. Bisa dicoba untuk siapa aja dan dari kalangan mana aja. Nggak ribet dan nggak repot kalo kita lakukan dengan ketekunan dan keikhlasan. Well.. se u next time..

Mau tau tips lebih rahasia dari saya? Kunjungi aja Fb saya di :: Mutia Zuhra Rusli.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*