admin February 17, 2018

Memiliki kuku yang cantik dan sehat merupakan keinginan setiap orang khususnya bagi perempuan. Untuk merawat kuku juga terbilang susah susah mudah. Sebelum membahas bagaimana cara merawat kuku kita harus megetahui penyebab umum tentang masalh-masalah yang seringkali terjadi pada kuku.

Penyebab paling umum dari kuku rusak adalah infeksi jamur. Biasanya pada jari kaki, khususnya jika kaki Anda berkeringat atau tak mengeringkan dengan benar setelah mencucinya, meskipun kuku juga dapat terinfeksi jika kelembaban terperangkap di bawah kuku palsu. Kuku menjadi lebih tebal, kasar, putih atau kuning, tumbuh tak normal atau terpisah dari dasar kuku. Masalah kuku lainnya, kering keras, dan rapuh yang gampang patah, bercak putih akibat cedera ringan; dan garis vertikal di kuku, yang umumnya terjadi pada usia lanjut. Dalam kasus lebih sedikit, perubahan kuku mengindikasikan penyakit tertentu.

Leukonisia adalah kondisi di mana ada garis atau bintik putih di kuku. Masalah ini sebenarnya biasa dan tidak berbahaya. Banyak orang dewasa sehat sekalipun mengalami hal ini dan tidak pernah menganggapnya serius.

Pada sebagian orang, leukonisia bisa hanya berupa titik-titik putih dan pada sebagian lagi berupa garis sepanjang kuku, bisa hanya pada satu kuku atau lebih. Penyebab paling umum adalah luka pada bantalan kuku, bisa akibat terjepit atau benturan.

Penyebab cedera bantalan kuku lain adalah menikur dan pedikur, penggunaan gel atau pewarna kuku akrilik, dan beberapa penyebab lain. Untuk mengetahui lebih dalam soal leukonisia ini, mari kita simak dulu penjelasan dari Healthline berikut ini. Penyebab yang paling umum adalah:

#Alergi
Alergi terhadap cat kuku, pengkilap, atau pembersih cat kuku.

#Jamur
Jamur kuku yang paling umum menyerang adalah onychomycosis, biasanya di kaki. Tanda awal dari infeksi jamur ini biasanya adalah beberapa titik putih di kuku. Infeksi bisa bertambah parah dan menyebar ke bantalan kuku. Akibatnya, kuku kaki menjadi retak, geripis, dan menebal.

#Cedera kuku
Cedera pada kuku tangan bisa memunculkan noda putih pada kuku. Tapi karena kuku terus tumbuh, kita pun tak ingat lagi pernah cedera. Penyebab yang paling umum adalah:

*Terjepit pintu
*Terpukul martil
*Terbentur permukaan keraw
*Kesalahan saat melakukan menikur dan pedikur

#Kekurangan mineral
Kekurangan vitamin dan mineral tertentu juga akan menyebabkan noda putih di kuku, yang paling banyak adalah kekurangan kalsium dan seng.

#Penyebab lain
Penyebab berikut jarang terjadi tapi mungkin, yakni:

*Penyakit jantung
*Kesehatan buruk
*Gagal ginjal
*Pneumonia
*Keracunan arsenik

Untuk memastikan penyebab pasti leukonisia, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter, terutama bila keberadaan noda putih sudah terlalu lama, karena dikhawatirkan berkaitan dengan masalah kesehatan tertentu.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*