admin May 21, 2018

Kutil merupakan salah satu penyakit kulit yang tentu saja menganggu penampilan dan sedikit menjengkelkan jika muncul dibagian tubuh seperti wajah atau tangan dan kaki. Hal ini tentunya akan sangat membuat penampilan tidak pede. Jika memiliki kutil, tentunya anda pasti ingin menghilangkannya. Banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya dengan cuka apel. Salah stau khasiat cuka apel adalah dapat menghilangkan kutil.

Yap! Cara mudah terebut adalah dengan menggunakan cuka apel atau apple cider vinegar.

Catatan: sebelum menggunakan cuka apel, kamu harus pastikan dulu bahwa kutil itu benar-benar kutil yang tidak berbahaya ya, dan bukan kutil “bergerak” yang merupakan bibit kanker. Jangan pernah mencoba menghilangkan kutil yang terlihat mencurigakan.

Setelah yakin bahwa itu hanya kutil biasa, berikut langkahnya:

  • ?Bersihkan area di sekitar kutil untuk menghilangkan tumpukan minyak dan kotoran di kulit. Cukup gunakan sabun pencuci wajahmu yang biasa.
  • Gunakan cuka apel biasa yang bisa kamu temukan di toko-toko terdekat. Tidak perlu menggunakan cuka organik di toko kesehatan. Cukup apple cider vinegar biasa.
  • Rendam satu bola kapas di dalam larutan cuka apel tersebut. Kemudian, kompres kutilnya dengan kapas tadi. Rekatkan kapasnya dengan menggunakan plester.
  • Ganti kapasnya beberapa kali sehari. Mulai dengan tiga kali sehari, sampai kutilnya benar-benar hilang. Kompres kutilmu selama 8 jam non-stop.
  • Mungkin butuh beberapa hari, atau bahkan lebih, untuk melihat hasilnya. Itu tergantung dari beberapa faktor; seperti apakah kutilnya memiliki lapisan pigmen gelap di bawah kulit, apakah kutilnya rata atau menonjol, apakah kamu mengompresnya dengan benar, dan lain sebagainya.

Kamu mungkin heran, bagaimana bisa cuka apel yang biasa digunakan sehari-hari bisa menghilangkan kutil. Itu terjadi karena cuka apel memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Hal ini sebetulnya bisa berbahaya juga jika tidak digunakan dengan bijak, karena jika dilakukan dengan cara yang salah, keasaman cuka apel bisa menimbulkan bekas luka atau bintik hitam. Jadi, pastikan kamu memonitor perkembangan kutilmu setiap hari. Dan pastikan kamu mengoleskan vaseline juga di sekitarnya setelah dikompres cuka apel.

Demikianlah cara menghilangkan kutil dengan cuka apel.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*