Apel Made In China, Buah Impor Favorit RI

Menyandang predikat sebagai negara tropis, membuat Indonesia punya banyak varietas produk buah unggulan untuk pasar ekspor. Kendati demikian, buah lokal justru kerap terpinggirkan, karena serbuan buah impor.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia (Aseibssindo), Khafid Sirotudin, mengungkapkan buah yang paling banyak diimpor Indonesia adalah apel, yang berasal dari China.

“Negara eksportir buah paling besar ke Indonesia itu China. Jenis yang paling banyak diekspor ke sini Apel, paling banyak lagi jenisnya Apel Fuji, baru kemudian setelah itu macam-macam buah seperti anggur, jeruk, pir, dan buah lainnya,” katanya kepada detikFinance, Senin (9/5/2016).buah apel

Khafid menuturkan, meski jadi buah yang paling favorit dijual di Indonesia, dirinya tidak mengetahui persis volume apel dan nilai impor apel dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Kalau kita kan hanya mengajukan SPI (Surat Persetujuan Impor). Akumulasi setiap periode itu ada di Kementerian Perdagangan,” ujar Khafid.

Sebagai informasi, Kementerian Pertanian (Kementan) bertekad mengurangi serbuan impor buah. Salah satu upayanya dengan pengembangan buah lokal lewat ‘Revolusi Orange’.

Program ini menargetkan bisa mencetak 100.000 lahan baru untuk perkebunan buah dalam setahun. Luasan tersebut ditargetkan bisa bertambah lagi menjadi 400.000 hektar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *