3 Langkah Cara Mengecilkan Perut Buncit Yang Diyakini Aman

Perut buncit memang mengganggu penampilan baik bagi laki-laki ataupun perempuan. Orang tua cenderung lebih banyak memiliki perut buncit karena pola hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu sejak muda seharusnya bisa menerapkan pola hidup sehat sehingga perut bisa tetap flat sampai tua. Jika sudah terlanjur buncit, tampaknya akan sulit untuk diubah. Tapi jangan khawatir ternyata ada 3 langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit seperti dikutip oleh www.wandarafania.com.

3-langkah-cara-mengecilkan-perut-buncit

1. Minum Sehat
Air merupakan sumber kehidupan, begitu juga bagi manusia. Kita kadang terlalu fokus pada mengatur makanan dan lupa bagaimana asupan minuman kita. Minuman yang kurang sehat seperti soda dan alkohol sebaiknya dihindari. Minuman tersebut dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Liver kita bertanggung jawab untuk metabolisme lemak yang digunakan untuk energi. Saat kita minum, liver akan bekerja keras untuk memproses dan mencerna alkohol. Ini berarti hanya sedikit lemak yang kemudian bisa digunakan untuk menghasilkan energi.

Selain itu, minuman yang mengandung banyak gula juga perlu dikurangi. Tubuh membutuhkan gula, namun terlalu banyak dapat memicu kegemukan dan gangguan kesehatan. Minumlah air bening dengan jumlah yang cukup. Banyak minum air bening sangat baik bagi tubuh. Siapkan air bening di gelas dan botol minuman sehingga mudah kita minum saat ada kesempatan.

2. Olahraga
Tidak ada keajaiban yang tiba-tiba bisa menghilangkan perut buncit. Kombinasi antara olahraga cardiovascular dan ketahanan dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit. Olahraga cardiovascular antara lain jogging, berenang, aerobik, dan lain-lain. Sedangkan olahraga ketahanan misalnya bench press dan squat. Sempatkan waktu di pagi hari atau sore hari untuk berolahraga, mulai dari yang ringan seperti jogging. Jogging di udara terbuka akan membuat tubuh serta pikiran kita menjadi lebih fresh. Berenang dan aerobik juga menjadi latihan yang cukup menyenangkan. Selain itu, lakukan olahraga ketahanan dengan bergantian sehingga kombinasi keduanya dapat mengecilkan perut bawah yang terlihat membuncit yang dimiliki. Jangan lupa melakukan pemanasan dan minum air.

3. Diet
Pola makan atau diet yang salah merupakan salah satu penyebab munculnya perut buncit. Oleh karena itu, mengubah pola makan menjadi sebuah keharusan untuk mengubah bentuk tubuh yang kurang baik. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pola makan sehat, antara lain:

  • Mengurangi Porsi Makan

Porsi makan yang biasanya satu piring penuh dapat dikurangi menjadi setengah piring saja. Namun tetap harus memperhatikan kebutuhan asupan tubuh mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, serat, dan lain-lain.

  • Minum 8-12 Gelas Air Bening

Minum banyak air dapat memperlancar metabolisme tubuh. Air bening jauh lebih baik daripada jenis minuman kebanyakan yang berperasa dan mengandung gula. Saat bangun tidur minum air bening 1 gelas, lalu 1 gelas lagi di pagi hari. Siang kita bisa minum 4 gelas, dan dua gelas lagi di malam hari.

  • Mengurangi Gula

Kurangi konsumsi gula mulai dari makanan sampai minuman. Gula menjadi salah satu penyebab kegemukan tubuh.

  • Makan Gandum Utuh

Gandum utuh bisa ditemui dalam sereal, kita bisa memeriksa kandungannya apakah menggunakan gandum utuh atau tidak.

  • Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan wajib setiap hari. Jadi jangan lupa menyediakan menu buah dan sayuran selain menu makanan lainnya.

  • Makan 5 Kali Sehari dengan Porsi Lebih Kecil

Makanlah lebih sering namun dengan porsi yang lebih kecil. Kandungan makanan juga perlu diperhatikan.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit. Tampak sedikit menyulitkan namun jika ada kemauan pasti ada jalan. Perubahan memang tak mudah, tapi kesuksesan berawal darinya.

Referensi lainnya yang berhubungan dengan artikel ini bisa anda lihat di cara mengecilkan perut setelah melahirkan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *